Pembinaan Guru

Nama kegiatan ini adalah Kegiatan Pembinaan Guru Pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA untuk bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Astronomi, Komputer, Kebumian, dan Geografi.

Program ini dikhususkan untuk membekali dan memperlengkapi seorang guru untuk dapat membina siswa di sekolahnya. Selain itu, kegiatan ini akan mengantarkan seorang guru untuk mendapatkan motivasi yang tepat dalam menjalani pekerjaannya menjadi seorang pendidik. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Secara terperinci maksud dan tujuan pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut:

Maksud
a) Memperlengkapi serta menambah wawasan guru khususnya terhadap perkembangan terbaru dalam bidang Olimpiade Sains Nasional.
b) Terbanggunnya pola pemikiran untuk mengembangkan metode pendidikan yang mengintegrasikan kecerdasan akademik dengan kecerdasan emosi dan akhlak.
c) Mengembangkan budaya bertukar ilmu, wawasan dan pemikiran.

Tujuan
a) Guru dapat mempelajari metode pengajaran untuk materi yang dianggap sulit melalui pelatihan/pembinaan.
b) Memperlengkapi serta menambah wawasan guru khususnya terhadap perkembangan terbaru dalam bidang Olimpiade Sains Nasional.
c) Membentuk pribadi guru teladan (Qualified Teacher)
d) Membatu guru lebih mengenali kekuatan dan kelemahan diri atas potensi yang dimilikinya.
e) Membantu guru untuk menemukan dan merawat motivasi hakiki sehingga memperoleh kekuatan ruhiyah untuk melaksanakan tugasnya.
f) Membantu guru menjadi guru inspirasi.

Hasil yang Diharapkan
Hasil (output) pelaksanaan pelatihan yang diharapkan diperoleh oleh peserta setelah mengikuti pelatihan yaitu:
a) Guru sebagai pendidik menjadi lebih percaya diri menggunakan kemampuan yang dimiliki dan mampu menggali potensi yang ada untuk peningkatan mutu pendidikan.
b) Diharapkan mampu memberikan manfaat dan menciptakan sebuah jalinan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak (guru dan siswa).

Skema kegiatan:
Kegiatan ini dilakukan selama 9 (sembilan) hari pembelajaran efektif. Kegiatan yang akan dilakukan dengan pendalaman materi menitikberatkan materi olimpiade sains tingkat kota (OSK), provinsi (OSP) dan Nasional (OSN). Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru terbaik dari sekolah.